Baverage,  Cooking

Dalgona Coffee : Kopi Viral Saat Pandemic Covid-19

Dalgona merupakan nama permen asal korea selatan. Dikorea kopi ini disebut dengan dalgona coffe sebab rasa kopi ini mirip dengan permen Dalgona yang dibuat dengan gula dan soda kue yang biasa dijual di jalan-jalan di daerah wisata di korea selatan.

Pertama kali memberi nama dalgona oleh aktor korea selatan Jung Il Woo dalam acara mukbang di salah satu TV Korea selatan. Sejak saat itu dalgona coffe menjadi viral di Korea Selatan dan menjadi Challage bagi Youtuber dan selebram korea dan kini menjadi viral keseluruh dunia termasuk Indonesia.

Dalgona coffe bukan minuman jenis baru. Dibelahan dunia lain kopi ini sudah ada sejak dulu yang biasa disebut dengan kopi kocok (whipped coffe) dan bermacam-macam nama lain menyesuaikan dengan negaranya.

Diindonesia, dalgona coffe hanya berhasil jika menggunakan merk tertentu. Kamu pasti tahu merk apa yang saya maksud. Jika menggunakan merk lain harus ditambahkan dengan bahan-bahan tertentu.

Karena sebagian bahan dalam membuat dalgona coffe ini merupakan gula, tentunya dalgona coffe kurang baik bagi kesehatan jika dikonsumsi terlalu sering dan dalam jangka waktu panjang terutama bagi yang memiliki masalah dengan kadar glukosa dalam darah.

Resep dalgona coffe
Bahan :

  • 2 Sachet Kopi Instant tanpa bubuk
  • 2 Sendok Gula
  • 2 Sendok Air Panas
  • Susu UHT
  • Secukupnya Es (jika mau disajikan dingin)

Cara membuat :

  • Masukkan kopi, gula dan air panas kedalam wadah lalu kocok dengan kecepatan tinggi bisa manual ataupun menggunakan mixer hingga kopi menggeluarkan busa (foam) dan ketika wadah dibalik adonan kopi tidak tumpah
  • Tuang susu kedalam gelas hingga ¾ gelas dan es (jika mau dingin), lalu tambahkan kopi yang sudah dikocok tati keatas gelas yang sudah berisi susu.
  • Lalu kopi siap disajikan dan dinikmati.

 

Kesalahan yang menyebabkan dalgona coffe mu gagal 

  1. Kamu salah dalam memilih kopi, gunakanlah kopi yang tidak mengandung bubuk dan raw coffe atau singkatnya gunakanlah kopi sachet clasic. Jangan menggunakan kopi sachet 3 in 1.
  2. Terlalu banyak menambahkan air
  3. Tidak sabar ketika mengocok kopi

 

Silahkan membagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat