Daily Life

Lihat Yuk! Ini Referensi Aplikasi Bermanfaat Ketika Harus Bekerja dari Rumah (Work From Home)

Covid-19 yang menyebabkan banyak instansi baik pemerintahan, BUMN ataupun Swasta yang membuat kebijakan bagi pegawainya untuk bekerja dari rumah atau yang populer dengan sebutan WFH (Work From Home).

Tidak terkecuali kantor dimana saya bekerja saat ini.

Pada awal Pandemi Covid-19, pekerja yang WFH hanya 30% saja. Usia 50 tahun keatas dan memiliki riwayat penyakit yang beresiko tinggi bila terpapar Covid-19 diutamakan.

Saat itu tentunya saya bukan termasuk dalam kategori 30% itu. Selain masi 17 tahun plus banyak (haha.. it’s just joke), Alhamdulillah juga tidak memiliki riwayat penyakit yang beresiko tinggi bila terpapar Covid-19.

Akan tetapi, sebab sekarang Bandung telah menetapkan PSBB. Kebijakan yang berlaku dikantor tempat saya bekerja juga berubah.

Semua karyawan dianjurkan untuk WFH. Hanya yang mendapat giliran piket saja yang tetap harus kekantor.

Budaya kantor pun berubah. Sebelum pandemi Covid-19 ini menyerang. Dikantor saya setiap harinya paling sedikit ada 10 agenda rapat dalam ruang rapat secara langsung.

Semua rapat itu akhirnya berpindah menjadi rapat online. Melalui aplikasi-aplikasi Video Converence.

Ini aplikasi menurut saya yang cukup bermanfaat selama saya WFH ?

1. Zoom

Logo Zoom

Pada awal WFH, Zoom merupakan aplikasi meeting dan video converence yang cukup favorite ditempat saya bekerja.

Zoom adalah sebuah perusahaan teknologi komunikasi Amerika Serikat yang berkantor pusat di San Jose, California. Yang didirikan oleh Eric Yuan pada 21 April 2011.

Namun seiring dengan beredarnya isu penyalahgunaan data oleh Zoom kepada pihak lain yang tidak berkepentingan dan isu lemahnya sistem pengamaan data Zoom

Zoom pun mulai ditinggalkan dan beralih ke aplikasi meeting lainnya.

2. Cisco Webex

Logo Cisco Webex

Setelah isu penyalahgunaan data oleh zoom, meeting dan video converence dikantor saya mulai menggunakan aplikasi lainnya salah satunya Cisco Webex.

Cisco Webex adalah sebuah perusahaan asal Amerika Serikat yang mengembangkan dan menjual aplikasi konferensi web dan konferensi video.

Perusahaan ini dibentuk pada tahun 2007, setelah Cisco Systems mengakuisisi Webex. Kantor perusahaan ini berada di Milpitas, California.

Cisco Webex didirikan oleh Subrah Ihyar seorang pelopor teknokrat, pengusaha, dan konferensi web asal India. Dan Min Zhu, seorang ilmuan komputer Amerika, pengusaha dan philantropis kelahiran Ningbo, China.

3. Whatsapp Web

Logo Whatsapp

Meskipun sebelum WFH aplikasi yang satu ini juga sangat berguna menunjang pekerjaan dalam rangka koordinasi dan lainnya.

Pada saat WFH seperti ini, Whatsapp web menjadi semakin berguna. Koordinasi semakin intens dilakukan via whatsapp baik di Smart Phone manapun di desktop.

4. Droid Cam

Logo Droidcam

Droid Cam, cukup berguna bagi saya ketika WFH. Droid Cam berfungsi untuk menghubungkan antara Kamera Smart Phone dengan Desktop.

5. Gojek

Logo Gojek

Iya, bagi saya gojek juga berguna untuk mendukung WFH. Rapat itu terkadang membuat perut ikutan demo minta perhatian. Jika rapat dikantor, snack disedikan oleh kantor.

Beda jika WFH, snack rapat tentu harus kita sediakan sendiri. Terkadang sempat, tapi sering juga tidak sempat membuat snack sendiri. Disinilah perat Gofood salah satu layanan dari Gojek berperan.

6. Tukangsayur.co

Logo Tukangsayur.co

Mengapa tukangsayur berperan dalam mendukung WFH ?

Untuk pekerjaan tetap lancar. Asupan gizi juga tetap harus dijaga. Disela-sela WHF, terkadang diselipkan dengan masak untuk kebutuhan makanan keluarga.

Tidak bisa keluar rumah untuk belanja ? Tukangsayur.co bisa membantu. Pembayaran bisa dilakukan saat pesanan sudah tiba. Jadi tidak perlu khawatir.

Tukangsayur.co merupakan aplikasi dari PT Mahakarya Tukang Sayur Indonesia berdiri di bulan Juli 2016. Aplikasi TukangSayur.co dapat didowload di Google Playstore.

Silahkan membagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *