ASN Mudik Ditengah Pandemi, Yes or No ?

ASN Mudik Ditengah Pandemi, Yes or No ?

Mudik sudah menjadi kebiasaan dan tradisi masyarakat Indonesia menjelang lebaran. Pekerja migran beramai-ramai kembali kekampung halaman untuk menemui sanak saudara. Yang mungkin dalam satu tahun hanya memiliki kesempatan bertemu pada saat lebaran. Namun mudik ditengah pandemi, yes or no ?

Sama seperti pekerja lainnya, menjelang lebaran banyak juga diantara para ASN yang melakukan mudik ke kampung halaman. Sebab ASN harus mau ditempatkan dimana saja yang tidak sesuai dengan daerah asalnya. Namun tahun ini terasa berbeda. Karena ASN jelas-jelas dilarang untuk mudik.

Peraturan Larangan Mudik Bagi ASN

Larangan mudik bagi ASN sudah diatur dalam beberapa peraturan oleh pemerintah pusat untuk kemudian diturunkan menjadi peraturan sesuai level instansi dan daerah masing-masing.

Diinstansi tempat saya bekerja, larangan mudik sudah diatur dalam Surat Edaran Sekretaris Daerah Perihal Pembatasaan Kegiatan Bepergian ke Luar Daerah dan/atau Mudik dan/atau Cuti ASN di Lingkungan Pemerintah Kota Bandung dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19.

Sebagai ASN saya sudah tentu harus mengikuti peraturan ini.
Tidak apa-apa, dari awal pandemi covid-19 saya memang sudah berniat untuk tidak mudik dulu demi keselamatan orangtua.

Meskipun saya sehat saat berangkat menuju ke kampung halaman. Tidak ada yang bisa menjamin selama perjalanan saya bebas dari paparan virus. Jadi tidak mudik kali ini memang diniatkan untuk menjaga orangtua dari terpapar Covid-19.

Sangsi Bagi ASN yang Melanggar Larangan Mudik

Bila ada ASN yang melanggar peraturan larangan mudik maka yang bersangkutan akan diberikan hukuman disiplin yang sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah No. 53 tahun 2010 tentang displin pegawai.

Sebenernya jika ada ASN yang memaksa untuk tetap mudik. Tentu mudiknya dalam keadaan yang terburu-buru. Karena durasi waktu libur lebaran juga sudah disesuaikan. Cuti bersama yang diberikan untuk ASN dalam rangka libur lebaran hanya 1 (satu) hari saja.

Apakah bisa menikmati mudik yang terburu-buru dan dalam keadaan melanggar peraturan? Kalau saya sih sudah tentu tidak akan nyaman dengan keadaan seperti itu.

Karena sebisa mungkin saya stick to the rule. Saya merasa bertanggung jawab untuk mengikuti peraturan. Kalau bukan ASN sendiri yang mematuhi peraturan yang dibuat pemerintah. Siapa lagi ?

Sudah banyak oknum ASN yang terdengar dan terkenal suka melanggar peraturan. Mau ikut yang seperti itu ?

Pilihannya kembali pada diri masing-masing. Karena pertanggungjawaban dunia akhirat juga ditanggung oleh masing-masing orang.

Baca juga : Pandemi Covid-19 : Dampaknya Terhadap ASN

Related Posts

Yang Dirindu Ketika Lebaran Dikampung Halaman

Yang Dirindu Ketika Lebaran Dikampung Halaman

Harapan Bulan Puasa Tahun 1442 H

Harapan Bulan Puasa Tahun 1442 H

Hal yang Disyukuri Berpuasa Ditengah Pandemi

Hal yang Disyukuri Berpuasa Ditengah Pandemi

Ide Kegiatan Saat Puasa

Ide Kegiatan Saat Puasa

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Welcome To My Blog

Hallo, perkenalkan Saya Devi Septiaris Dalimunthe.
Panggil saja Saya, Devi.
Saat ini berdomisili di Bandung dan bekerja di salah satu institusi pemerintah.

See more about me

Recent Posts

Blog’s Archive