Tunjangan Kinerja ASN
Daily Life

Tips Berhemat Selama Lebaran Saat Pandemi

Lebaran Sebentar Lagi
Sambutlah Hari yang Fitri
Bersihkan Diri
Sucikan Hati
Mengisi hari dengan Berbagi

Lirik Lagu Lebaran

Setelah hampir 30 hari lamanya kita berpuasa, tiba saat nya kita akan berlebaran. Lebaran kali ini, kita berada dalam masa yang istimewa. Karena telah diberi Allah ujian berupa Pandemi covid-19 yang terjadi diseluruh dunia.

Ditengah pandemi ini tentunya lebaran menjadi tidak seperti biasa. Lebaran kali ini banyak yang tidak bisa mudik sebab yang aturan yang diberlakukan pemerintah, meskipun masih banyak juga yang melanggarnya.

Meskipun sedih karena tidak mudik tentunya ada hikmah juga dari hal tersebut. Contohnya dapat menghemat beberapa post pengeluaran. Ini tips berhemat selama lebaran ditengah pandemi yang saya terapkan dalam keluarga.

Pertama : Menggunakan Baju Lama yang Masih Baik Digunakan

Lebaran di Indonesia identik dengan menggunakan baju baru. Padahal dalam al-qu’an dan hadist tidak ada yang menyebutkan jika lebaran harus menggunakan baju baru.

Lebaran kali ini saya mencoba untuk memanfaatkan baju lama yang masih baik untuk digunakan pada hari lebaran. Tinggak dipadupadankan saja agar terlihat seperti baju dan nyaman dipakai

Baca juga : Hukum Memakai Baju Baru Saat Lebaran

Kedua : Membuat Hidangan Makanan Lebaran dengan Porsi yang Tepat (Tidak Berlebih-lebihan)

Lebaran memang memiliki menu-menu istimewa, yang biasanya menemani perayaan lebaran disetiap keluarga. Biasanya porsi yang dibuat pun dalam jumlah banyak.

Pada saat pandemi seperti ini, dengan tidak bolehnya mudik dan bebas berkunjung seperti lebaran tahun-tahun sebelumnya. Ada baiknya porsi menu tersebut disesuaikan sesuai kebutuhan prang-orang yang ada didalam rumah.

Selain lebih sehat, karena tidak perlu memanaskan berkali-kali. Tindakan ini juga dapat menghemat budget makanan.

Ketiga : Bersilahturahim Menggunakan Media Online

Tidak bisa mudik dan berkunjung ke rumah saudara seperti lebaran-lebaran yang telah lalu tidak berarti tidak bisa bersilahturahin dengan sanak saudara.

Bersilahturahim dapat dilaksanakan dengan menggunaka mendia online yang sudah banyak platform yang menyediakannya. Seperti Zoom, Webex, Gomeet dan lain-lain.

Bersilahturahim dengan menggunakan media online selain untuk mematuhi aturan pemerintah terkait pembatasan sosial juga dapat menghemat biaya.

Ya, kita tidak perlu menguluarkan uang bensin atau tiket pesawat bagi yang mudik dengan pesawat. Bisa dibilang sekali mendayung dua tiga pulau terlampauin.

Begitulah tips berhemat selama lebaran saat pandemi yang dapat diterapkan tanpa mengurangi esensi dari lebaran itu sendiri. Harapan kita bersama, kita bisa menjalani hari lebaran dengan tetap besuka cita walaupun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Dan semoga pada lebaran tahun depan, Covid-19 sudah punah dari muka bumi ini.

Amin.

Silahkan membagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *