Tolong Menolang
Daily Life,  Deview

4 Cara Membantu Sesama Selama Pandemi Covid-19

Pandemi Covid-19 tidak bisa dipungkiri berpengaruh terhadap semua lapisan masyarakat. Rakyat, pengusaha, pemerintah, investor semua terkena imbasnya. Bukan hanya di Indonesia, kondisi ini terjadi hampir diseluruh negara di dunia.

Kini saatnya kita menjadi lebih peduli terhadap sesama.

Berikut beberapa alternatif cara membantu sesama yang dapat diterapkan mulai dari diri sendiri.

Pertama, Mematuhi Peraturan Pemerintah dan Fatwa Ulama

Pic Source : republika.co.id

Sebelum melakukan hal lain, hal yang pertama bisa dilakukan pada masa pandemi Covid-19 ini yaitu dengan mematuhi Peraturan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah masing-masing.

Saat ini Presiden selaku Pemerintah Pusat sudah menghimbau seluruh masyarakat Indonesia untuk melakukan Social Distancing atau Physical Distancing, Stay at Home dan menggunakan masker jika berpergian keluar rumah.

Begitu juga dengan daerah yang termasuk dalam Red Zone yang sudah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) seperti Provinsi Jakarta dan Wilayah Bandung Raya.

Sedangkan saat ini Majelis Ulama Indonesia juga sudah mengeluarkan Fatwa larangan mudik, larangan beribadah di Masjid selama pandemic Covid-19 meskipun bulan ramadhan sebentar lagi akan tiba. Yang mana ramadhan merupakan “pesta” bagi muslim beriman dalam mendulang perbuatan baik (amalan sholeh).

Dengan mematuhinya, kita sudah membantu sesama dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Minimal kita bisa memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dari lingkaran kecil keluarga.

Jika setiap Keluarga Indonesia mematuhi Peraturan Pemerintah dan Fatwa Ulama, mudah-mudahan Pandemic Covid-19 ini dapat segera berlalu dari wilayah Indonesia.


Kedua, Mendonasikan Sebagian Penghasilan

Donasi
Pic Source : bigindonesia.id

Dengan diterapkan Social Distancing, Phisical Distancing, Stay At Home, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) atau apapun istilah lainnya oleh Pemerintah memiliki efek pada masyarakat kalangan bawah dan menyebabkan para pekerja harian lepas mengalami kesulitan ekonomi.

Untuk itu, bagi yang masih memiliki penghasilan tetap dan dana cadangan, tak ada salahnya untuk mendonasikan sebagian harta dan penghasilan untuk membantu sesama di masa Pandemi Covid-19 ini.

Bagi muslim yang akan memasuki ramadhan ini merupakan kesempatan untuk mendulang amal shaleh. Dimana amalan kita, pada bulan ramadhan menjadi berlipat ganda nilainya.

Bahkan, bagi yang merasa sempit pun dalam Islam tetap dianjurkan mengeluarkan donasi. Allah menyukai hambanya yang bersedekah baik keadaan lapang maupun sempit.

Berikut beberapa ayat al-qur’an yang dapat menjadi referensi muslim dalam berdonasi (Infak dan sadekah)

“(yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan mema’afkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan” (QS 3 : 134)

“Katakanlah kepada hamba-hambaKu yang telah beriman! Hendaklah mereka mendirikan sembahyang, menginfakkan sebahagian dari apa yang telah Kami rezekikan kepada mereka secara sembunyi ataupun terang-terang sebelum datang hari (kiamat) yang pada hari itu tidak ada jual beli dan persahabatan”. (QS. 14 : 31)

Ketiga, Menjadi Relawan Covid-19

Relawan
Pic Source : medium.com

Menjadi relawan sesuai dengan kemampuan dan kapasitas kita masing-masing pada saat Pandemi Covid-19 ini juga dapat menjadi pilihan dalam membantu sesama.

Misalnya dengan menjadi relawan penyemprotan disinfektan dilingkungan tempat tinggal masing-masing.

Bagi ibu-ibu dapat menjadi relawan di dapur umum untuk menyediakan konsumsi bagi relawan lainnya atau bisa pula dengan memasak dirumah dan mengirimkannya ke posko relawan.

Keempat, Tidak Menyebarkan Berita Hoax

Hoax

Berita hoax, bagi orang yang tidak melek literatur digital dapat menjadi momok yang cukup besar pada saat Pandemi Covid-19 ini. Mereka dapat dibuat resah olehnya. Untuk itu sebelum menyebarkan berita yang diterima dari media apapun sebaiknya agar melakukan konfirmasi terlebih dahulu atau biarkan berita itu berhenti pada kita.

Silahkan membagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat