Daily Life,  Deview

Apa Larangan Saat Social Distancing dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)?

Sudah lebih dari sebulan sejak diumumkan secara resmi oleh Presiden Jokowi, pasien pertama Covid-19 di Indonesia. Social distancing atau pembatasan sosial di Indonesia sudah diterapkan. Bahkan saat ini sudah banyak daerah yang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PBSS)

Bandung salah satu kota yang sudah menerapkan PSBB terhitung sejak tanggal 22 April 2020. Mudah-mudahan PSBB di Kota Bandung ini dapat membantu memutus mata rantai penyebaran Covid-19 yang sampai saat ini belum menunjukkan grafik menurun.

Apa saja sih yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat kotamu di berlakukan social distancing atau pembatasan sosial berskala besar (PSBB)

Mari kita ulas satu persatu yuk !

Dilarang saat PSBB :


1. Berkerumun di Luar Ruangan Lebih dari 5 Orang

Jangan berkumpul diluar ruangan jika kamu tidak mau ditegur oleh petugas ketika daerahmu sudah ditetapkan melakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB)

2. Berboncengan

Jalan-jalan sore hari, saat bulan ramadhan seperti saat ini sambil mencari takjil untuk berbuka puasa menggunakan sepeda motor dengan berboncengan tentu menjadi pilihan kita saat ngabuburit.

Tetapi ini tidak bisa lagi dilakukan selama penerapan pembatasan sosial berskala besar, jika terlihat oleh petugas tentunya kamu akan diberi surat teguran sesuai dengan peraturan yang berlaku.

3. Belajar di Sekolah dan di Universitas

Karena belajar disekolah atau di universitas pastinya menyebabkan berkumpulnya lebih dari lima orang berkumpul berdekatan. Tentunya hal ini juga dilarang. Lakukan belajar dari rumah saja.

4. Bekerja di Kantor

Bekerja di Kantor pada saat PSBB juga dianjurkan dari rumah. Ini tentunya malah banyak yang suka yaa. Karena bisa lebih rileks dan lebih bisa menghemat waktu di jalan kan?

5. Beribadah di Rumah Ibadah

Sama hal nya dengan belajar di sekolah dan universitas, beribadah di rumah-rumah ibadah juga dilarang. Sangat disayangkan ya? apalagi saat ini memasuki bulan ramadhan yang biasanya waktunya kita mendulang pahala yang berlipat dengan sholat berjamaah ke mesjid.

Tapi demi segera berlalunya pandemi ini, mari kita ikutin saja fatwa ulama dan pemerintah. Agar nanti kita semua dapat melakukan ibadah tanpa ada rasa was-was.

6. Berpergian ke Tempat Wisata

Duh, ibadah saja dilarang ke tempat ibadah apalagi cuma berwisata. Tahan dulu ya keinginan kamu untuk travelling. Lebih baik sebagian tabungan untuk traveling disisihkan untuk membantu menangani pandemi Covid-19 ini.

7. Makan di Restoran

Meskipun restoran masih diperbolehkan beroperasi, tetapi pada saat diberlakukan PSBB, kamu hanya bisa take away. Makan langsung direstoran termasuk kegiatan terlarang saat PSBB.

8. Mengadakan Resepsi Pernikahan

Resepsi pernikahan tentunya menjadi tempat berkumpulnya banyak orang. Ya tentu saja ini akan dilarang saat PSBB.

Ini seharusnya jadi kesempatan kan, untuk menghemat biaya resepsi yang biasanya dapat menguras tabungan yang telah kamu kumpulkan bertahun-tahun tanpa ada rasanya gengsi ataupun bersalah pada keluarga.

Tapi jika tetap ingin mengadakan resepsi, kamu harus bersabar sampai pandemi Covid-19 ini berlalu.

9. Mengadakan Kegiatan Sosial Budaya

Segala kegiatan yang berpotensi membentuk kerumunan dilarang tanpa terkecuali termasuk mengadakan kegiatan sosial budaya


Dibolehkan saat PSBB :

Makanan Sehat


Belanja Kebutuhan Pokok

Kebutuhan hidup masyarakat yang telah memberlakukan PSBB tidak ditanggung oleh Pemerintah. Sehingga supermarket, toko ataupun warung yang menjual kebutuhan dasar rumah tangga tetap diperbolehkan beroperasi.

Jadi, jangan khawatir dan jangan panik dengan menimbun bahan makanan dirumah. Kamu bisa membelinya dengan bebas di supermarket, toko ataupun warung terdekat dengan tetap menerapkan soscial distancing dan protokol kesehatan selama Pandemi Covid-19

Silahkan membagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat