jaga jarak
Daily Life,  Deview

Mari Cegah Tertular Covid-19 dengan Melakukan Langkah-Langkah Preventif Ini !

Jumlah pasien Covid-19 di Indonesia hingga Kamis, 23 April 2020 terus menunjukkan grafik yang meningkat. Kesadaran masyarakat Indonesia pun sepertinya masih belum baik akan bahaya virus asal Wuhan ini.

Masih banyak masyarakat yang tidak mematuhi himbauan pemerintah untuk tetap berada di rumah meskipun tidak ada kebutuhan yang mendesak untuk keluar rumah.

Tentu saja, virus ini tidak mudah untuk ditangani jika kondisi tingkat kesadaran masyarkat akan bahaya virus ini masih rendah.

Sembari memberikan pemahaman dan berdo’a semoga mereka yang belum mengerti akan segera mengerti. Mari kita mulai saja kesadaran ini dari diri sendiri, keluarga dan lingkaran kecil di sekitar kita dengan melakukan langkah prevenetif agar terhidar dari Covid-19.

Berikut tindakan yang dapat dilakukan agar terhindar dari Covid-19 :

Hindari Keramaian

Keramaian
Pic Source : medium.com

Berdasarkan hasil penelitian terakhir oleh para ilmuan, Covid-19 tidak hanya dapat menular melalui droplet tetapi juga bisa menular melalui udara.

Maka, sebisa mungkin tetaplah berada dirumah, hindari keramaian jika tidak ada keperluan mendesak.

Lakukan Physical Distancing / Jaga Jarak

jaga jarak
Pic Source : arbaswedan.id

Jika harus keluar rumah, karena memang masih harus bekerja atau untuk membeli kebutuhan pokok rumah tangga, jaga jarak aman minimal 1(satu) meter dari orang lain untuk menghidari terkena percikan droplet.

Dengan Kondisi saat ini, siapapun dapat menjadi penular dan tertular tanpa disadari. Sudah banyak temuan pasien positif Covid-19 yang ternyata tidak merasakan gejala-gejala apapun atau biasa disebut dengan Orang Tanpa Gejala (OTG)

Gunakan Masker

Masker

Masker yang digunakan tidaklah harus masker medis. Cukup menggunakan masker kain yang bisa dicuci dan digunakan kembali.


Jaga Kebersihan Diri, Keluarga dan Lingkungan Sekitar

Bebersih
Pic Source : creohouse.co.id

Menjaga kebersihan menjadi langkah yang sangat penting untuk menghindari Covid-19. Jika kebersihan diri, keluarga dan lingkungan sekitar dapat di jaga, InsyaAllah virus, kuman, bakteri dan penyakit apapun dapat dihindari.

Segera mandi atau minimal cuci tanganlah sebelum menyentuh wajah, hidung dan mulut terlebih jika kembali kerumah setelah berpergian.

Lakukan penyemprotan disinfektan pada benda-benda yang dianggab rentan terpapar Covid-19 secara berkala.

Tingkatkan Imunitas Tubuh

Makanan Sehat
Pic Source : uprint.id

Tubuh yang memiliki imunitas yang kuat dapat melawan Covid-19. Tingkatkan imun dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki nutrisi yang seimbang.

Juga lakukan olahraga secara teratur. Cukup olahraga ringan saja yang dapat tetap dapat dilakukan ketika berada dirumah.

Silahkan membagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat

Satu Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *