Deview

Covid-19, Tak Kenal Maka Tak Waspada

Hingga menjelang akhir bulan April 2020 ini, Covid-19 masih menjadi perbincangan diseluruh negara sebab kasusnya terus meningkat dari hari kehari dan belum ada tanda grafik menurun.

Dindonesia, hingga senin, 20 April 2020 angka kasus terkonfirmasi positif Covid-19 telah mencapai 6.760 orang. Dengan persentase angka kematian 8,7 % dan persentase tingkat kesembuhan 11,05 % dari angka kasus terkonfirmasi positif Covid-19

Menurut WHO, virus corona merupakan keluarga besar virus yang dapat menyebabkan penyakit pada hewan atau manusia.


Lalu apa itu Covid-19 ?

Covid-19 sendiri merupakan singkatan dari Corona (CO), Virus (VI), Disease (D) dan 2019 (19), yang mana munculnya virus ini pertama kali muncul di tahun 2019 di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China. Jadi bisa disimpulkan Covid-19 merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus corona yang pertama kali muncul ditahun 2019.

Pada manusia, beberapa virus corona diketahui menyebabkan infeksi pernafasan mulai dari flu biasa hingga penyakit yang lebih parah seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS).

Dan virus corona yang menyebabkan Covid-19, sejauh ini merupakan jenis virus corona yang paling baru ditemukan.


Gejala Covid-19

Menurut WHO pada halaman resminya, gejala Covid-19 yang paling umum adalah demam, kelelahan, dan batuk kering. Beberapa pasien mungkin mengalami sakit dan nyeri, hidung tersumbat, pilek, sakit tenggorokan atau diare. Gejala-gejala ini biasanya ringan dan mulai secara bertahap.

Dalam masa inkubasi selama 14 hari, terdapat beberapa orang yang terinfeksi Covid-19 tidak menunjukkan gejala apa pun. Dan sekitar 80% pulih dari penyakit tanpa perlu perawatan khusus.

Namun, 1 dari setiap 6 orang yang terkonfirmasi positif terinfeksi Covid-19 dapat menjadi sakit parah dan mengalami kesulitan bernapas. Biasanya terjadi pada orang dengan usia lanjut, dan mereka yang memiliki masalah medis seperti tekanan darah tinggi, masalah jantung atau diabetes, penyakit serius sehingga ini perlu diwaspadai bersama.


Tindakan Pencegahan Terpapar Covid-19

Mencegah terpapar Covid-19 dapat dimulai dengan membiasakan pola hidup sehat. Kita dapat melakukan hal-hal berikut untuk dalam membantu menghentikan penyebaran virus corona :
1. Cuci tangan lebih sering
2. Gunakan masker ketika hendak keluar rumah
3. Jangan sentuh wajah
4. Jaga jarak aman
5. Usahakan tetap dirumah saja


Mengapa Covid-19 menyebabkan banyak negara Lockdown ?

Penyebaran Covid-19 yang sangat cepat merupakan alasan banyak negara melakukan lockdown terutama pada negara yang populasi usia lanjutnya tinggi mengingat kasus berat Covid-19 terjadi pada usia lanjut.

Walaupun Indonesia tidak menerapkan lockdown namun di beberapa daerah sudah menetapkan pembatasan berskala besar atau yang disebut dengan PSBB guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

 

Silahkan membagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat