Keterampilan yang Dapat Dipelajari Saat Dirumah
Deview

Keterampilan yang Dapat Dipelajari Saat Dirumah Aja

Pandemi covid-19 belum tahu pasti kapan akan berakhir. Kita semua masih tetap harus dirumah aja sampai batas waktu yang belum ada akhirnya juga.

Bagi yang terbiasa berkegiatan diluar rumah, tentunya dirumah aja setelah lebih sebulan cukup membosankan ya.

Tapi bagi saya, tanpa bermaksud menganggab remeh pandemi covid-19, dirumah aja selama pandemi covid-19 ini, menjadi suatu anugrah tersendiri.

Sebelum terjadi pandemi covid-19, setiap hari saya selalu merasa bekejar-kejaran dengan waktu. Pergi kekantor pagi-pagi sekali saat matahari baru saja terbit, kembali kerumah matahari sudah tenggelam.

Tentu saja karena itu, anjuran dirumah aja dan kebijakan work from home (WFH) selama pandemi covid 19 ini menjadi anugrah tersendiri bagi saya.

Meskipun tetap harus bekerja dari rumah, tetapi Saya menjadi lebih memiliki banyak waktu untuk melakukan hal lain. Karena waktu yang biasanya dihabiskan untuk macet-macetan dijalan, dapat digunakan untuk mengasah keterampilan lain.

Selama dirumah aja, inilah keterampilan yang bisa saya pelajari. Mudah-mudahan dapat menjadi referensi list keterampilan yang dapat dipelajari saat dirumah aja bagi teman-teman yang kebetulan mampir diblog saya.

Tilawah Qur’an

Photo Source : Freepik

Tilawah Qur’an selain termasuk dalam ibadah harian yang dapat dilakukan selama Pandemi Covid-19 juga menjadi salah satu list keterampilan yang saya asah selama tetap berada dirumah.

Sebab waktu yang dimiliki lebih banyak, maka tilawah Qur’an lebih bisa dihayati atau bahasa keren sekarang, lebih bisa dibaper.

Dibimbing oleh suami, usaha saya dalam memahami isi Al-qur’an menjadi lebih maksimal. Mudah-mudah setelah Pandemi Covid-19 ini berakhir, pemahaman saya tentang isi Al-qur’an dapat menjadi lebih baik.

Menulis (Writting) – Blogging

Photo Source : Medium

Ditengah pandemi covid-19 yang mengharuskan dirumah saja, stres yang saya alami sepertinya menurun.

Selain karena beban pekerjaan dan beban sosial akibat dinamika kantor berkurang drastis. Kesempatan saya menulis juga menjadi lebih banyak.

Saya termasuk orang yang menjadikan tulisan sebagai pengurai stres.

Kebetulan pada momen pandemi covid-19, yang bertepatan dengan ramadhan 2020, Blogger Perempuan, salah satu komunitas blogger yang saya ikuti mengadakan BPN 30 Day Ramadan Blog Challenge 2020.

Tentunya ini menjadi momen yang tidak akan saya lewatkan begitu saja. Saya dapat meningkatkan kemapuan menulis saya sekaligus blogging secara bersamaan.

Baca Juga : Tips untuk Blogger Pemula

Memasak (Cooking)

Photo Source : Fatakat

Kesempatan meng-upgrade kemampuan memasak selama dirumah aja akibat pandemi covid-19, juga tentu tidak saya lewatkan.

Ketika dalam keadaan normal tanpa covid-19, kesempatan saya meng-explore resep-resep baru didapur, hanya dapat dilakukana pada weekend saja.

Tapi dalam kesempatan dirumah aja karena pandemi covid-19, memasak menjadi kegiatan explore resep baru yang dapat saya lakukan setiap hari.

Baca juga : Referensi Akun Instagram Favorit Untuk Ide Resep Makasan

Fotografi Makanan (Food Photografi)

Photo Source : Freepik

Selain meng-upgrade kemampuan memasak. Makanan hasil masakan saya pun, saya dijadikan sebagai objek untuk meng-upgrade keterampilan fotografi. Sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui. 😀

Baca Juga : Tehnik Fotografi Menggunakan Smart Phone

Mengedit Foto (Photo Editing)

Sebelum foto hasil fotografi diunggah kemedia apapun, sangat perlu untuk melakukan editing sebelumnya.

Misalnya, sebelum mengunggah sebuah foto ke akun instagram, resolusi dan ukuran foto harus disesuaikan dengan standar tampilan instagram. Agar foto terlihat lebih bagus dan instagramble.

Bukan berarti membuatnya menjadi fake ya ! Tetapi untuk membuat tampilan instagram yang lebih rapi.

Baca juga : Rekomendasi Aplikasi Editing Foto Untuk Pemula

Mengedit Video (Video Editing)

Keterampilan mengedit video ini, saya asah tipis-tipis.

Maksudnya, waktu yang digunakan untuk mengasah keterampilan ini tidak terlalu intens. Bisa dikatakan menjadi list terakhir keterampilan yang di asah selama pandemi covid-19.

Keterampilan editing video ini akan berguna jika ingin serius menjadi vlogger.

Begitulah kira-kira rekomendasi keterampilan yang dapat dipelajari saat dirumah aja akibat pandemi covid-19 dari saya.

Keterampilan diatas dapat juga dimanfaatkan untuk bekal mendapatkan income tambahan.

Baca juga : 5 Pekerjaan Sampingan Yang Menghasilkan Income Tambahan Bagi Ibu Rumah Tangga

Mari kita terus berdoa, semoga pandemi covid-19 ini dapat segera berakhir. Semua kembali normal seperti semula. Semua orang bisa kembali berkegiatan dengan aman tanpa ada rasa was-was tertular dan menularkan virus covid-19.

Amin.

Silahkan membagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat