Masker
Deview

Menggunakan Masker Medis Pada Saat Pandemi Covid-19, Perlu?

Ditengah Pandemi Covid-19, memakai masker jika sedang berkegiatan diluar rumah menjadi kebiasaan masyarakat yang juga menjadi anjuran pemerintah. Meskipun masih banyak juga masyarakat yang tidak mengindahkan anjuran pemerintah ini.

Jenis-jenis masker

  1. Masker Medis

    Berdasarkan salah satu jurnal WHO adalah masker bedah atau prosedur yang pipih atau berlipat (sebagian ada yang berbentuk seperti mangkuk), masker ini dipasang ke kepala dengan tali. Masker ini diuji sesuai serangkaian metode uji standar yang bertujuan menyeimbangkan tingkat filtrasi yang tinggi, fasilitasi pernapasan penggunanya dan juga tingkat kedap cairan.

  2. Masker Non Medis

    Masih berdasarkan jurnal yang sama adalah masker yang terbuat dari bahan kain (misal, katun)

Seberapa pentingkah menggunakan masker ditengah Pandemi Covid-19 ?

Berdasarkan jurnal WHO, cara utama penyebaran Covid-19 adalah melalui percikan (droplet) saluran pernapasan dan kontak langsung.

Penggunaan masket medis oleh orang yang terinfeksi Covid-19 dapat mencegah penyebaran percikan dari orang yang terinfeksi ke orang lain dan mencegah kontaminasi kelingkungan dari orang yang terinfeksi.

Namun saat ini, belum ada bukti pemakaian masker medis oleh orang yang sehat di tengah masyarakat umum dapat mencegah masyarakat dari terinfeksi Covid-19.

Penggunaan masker medis oleh masyarakat umum hanya dapat menyebabkan rasa aman yang semu, sehingga masyarakat mengabaikan langkah-langkah kesehatan lainnya seperti menjaga kebersihan tangan dan menjaga jarak fisik tidak dihiraukan.

Selain hanya menyebabkan rasa aman yang semu dimasyarakat, pemakaian masker medis secara umum dapat mengakibatkan kelangkaan masker sehingga masker medis tidak dapat digunakan oleh orang terlibat dalam pelayanan kesehatan.

Sedangkan penggunaan masker non medis, yaitu masker yang terbuat dari dari bahan kain ataupun yang lainnya oleh masyarakat umum yang sehat masih sedang di evaluasi oleh WHO.

Terlepas dari jenisnya, penggunaan dan pembuangan masker penting dilakukan dengan benar untuk memastikan masker tersebut efektif dan untuk menghindari peningkatan penularan.

Lalu untuk apakah sebenarnya WHO dan pemerintah menganjurkan masyarakat umum menggunakan masker ?

Meskipun belum ada bukti yang cukup untuk melarang ataupun mendukung penggunaan masker nonmedis ditengah masyarakat. Namun menurut WHO, pemerintah dapat terus menganjurkan penggunaan masker nonmedis oleh masyarakat umum untuk kepentingan penelitian.

Menghindari perkumpulan orang, menjaga jarak fisik sekurang-kurangnya 1 m dari orang lain, sering membersihkan tangan, menutup hidung dan mulut dengan tangan terlipat atau tisu saat batuk atau bersin, menghindari menyentuh mulut, hidung dan mata adalah hal yang lebih utama yang harus dilakukan oleh semua orang pada masa Pandemi Covid-19.

Silahkan membagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat