Rantauprapat…. Kota Idaman

Rantauprapat…. Kota Idaman

Sudah berapa lama saya terpanggil untuk menulis tentang Kota Ini. Kota yang sangat historis bagi saya. Dikota inilah saya dilahirkan. Meskipun tidak sepenuhnya dibesarkan dikota ini, karena mengikuti penempatan tugas orangtua yang berpindah-pindah. Akan tetapi ke Kota inilah pada akhirnya kami kembali lagi dalam rangka mudik dan lain-lain. 🙂

Selain itu, belum banyak tulisan tentang Rantauprapat yang tersedia di Internet.

Karena itu mengapa tidak, saya menulis tentang kota kelahiran saya ini ? agar lebih banyak ulasan dari sudut pandang yang berbeda bagi yang membutuhkan informasi tentangnya.


Sekilas Tentang Rantauprapat

Kota Rantauprapat merupakan ibukota Kabupaten Labuhanbatu yang terdapat diprovinsi Sumatera Utara dengan penduduk mayoritas muslim dan bersuku bangsa Melayu Panai, Mandaliling, Batak, Chinese, dan lainnya .

Bahasa yang digunakan sehari-hari dalam pergaulan adalah bahasa Indonesia dengan aksen khas Rantauprapat, Labuhanbatu. Dirantauprapat ‘Awak’ dapat berarti Saya ataupun Kamu tergantung penggunaannya sedang di Suku Melayu lainnya ‘Awak’ itu berarti kamu (setidaknya inilah kekhasan yang paling saya ingat dari Rantauprapat).

Selain itu huruf e dalam beberapa kata bahasa indonesia berubah menjadi O. Contoh nya bisa dilihat dari motto Rantauprapat itu sendiri yaitu Rantauprapat, Kota Idaman. Indah, Borsih dan Aman. Nah.. Borsih itu maksudnya adalah bersih. Contoh kata lain, Cepat. Dalam Aksen Labuhanbatu Cepat akan berubah menjadi Copat. 😀

Transportasi di Rantauprapat

Berjarak 285 Km dari Kota Medan dan 267 Km dari Bandara Kualanamu. Transportasi yang dapat digunakan menuju Rantauprapat dari kota Medan dan Bandara Kualanamu bervariasi. Bisa menggunakan Kereta Api, Travel, Bus ataupun kendaraan pribadi. Kereta Api menjadi pilihan transportasi favorit Saya.

Sumber : www.traveloka.com (diakses 07 Agustus 2019)

Fasilitas Umum di Rantauprapat

Meskipun Rantauprapat merupakan kota Kecil yang belum termaksud kategori Kota Madya. Fasilitas umum di Rantauprapat cukup lengkap terdapat Mall (Rantauprapat Mall), Supermarket (Brastagi Supermarket, Suzuya Supermaket), Bioskop (XXI), Pasar tradisional (Pasar Gelugur, Pasar Lama, Pasar Sigambal) dan Cafe yang cukup menjamur maupun tempat rekreasi untuk anak (Kolam Renang).


Makanan Khas Rantauprapati
Makanan masyarakat di Rantauprapat sudah mendapat banyak pengaruh dari daerah lain sehingga banyak variasi makanan yang ada di Rantauprapat juga ada di berbagai daerah lain. Namun jika didaerah lain, Jajanan sore hari yang agak berat biasanya adalah bakso, tidak kalau di Rantauprapat, Miso adalah Jajanan sore yang masih menjadi promadona yang bisa mengalahkan Bakso.


Culture Masyarakat Rantauprapat

Masyarakat Rantauprapat yang terdiri dari beberapa macam etnis hidup berdampingan. Namun suku dan adat mandailing yang paling mencolok dalam mempengaruhi aktivitas masyarakatnya terlihat dari pesta-pesta pernikahan yang banyak menggunakan adat mandailing selain adat melayu.

 

Related Posts

Escape To West Sumatera : 2 Malam Wisata ke Bukit Tinggi

Escape To West Sumatera : 2 Malam Wisata ke Bukit Tinggi

Escape to West Sumatera : Edisi Painan, Pesisir Selatan

Escape to West Sumatera : Edisi Painan, Pesisir Selatan

3 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Welcome To My Blog

Hallo, perkenalkan Saya Devi Septiaris Dalimunthe.
Panggil saja Saya, Devi.
Saat ini berdomisili di Bandung dan bekerja di salah satu institusi pemerintah.

See more about me

Recent Posts

Blog’s Archive